PENDAHULUAN
·
Pertumbuhan berkaitan dengan
masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran yang bisa diukur antara lain
dengan ukuran berat (gram, kilogram) dan ukuran panjang (cm, meter).
·
Perkembangan adalah
bertambahnya kemampuan.
Dengan kata lain, pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik
sedangkan perkembangan berkaitan dengan pematangan fungsi/organ.
Gerakan-
gerakan Kasar & Halus, Emosi, Sosial, Perilaku, Bicara
1.Dari lahir sampai 3 bulan :
-
belajar mengangkat kepala
-
belajar mengikuti obyek dengan
matanya
-
melihat ke muka orang dengan
tersenyum
-
bereaksi terhadap suara/bunyi
-
mengenal
ibunya dengan penglihatan, penciuman, pendengaran dan kontak
-
menahan barang yang dipegangnya
-
mengoceh
spontan atau bereaksi dengan mengoceh
2. Dari 3 sampai 6 bulan
- mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada dengan bertopang
tangan
- mulai belajar meraih benda-benda yang ada dalam jangkauannya atau di
luar jangkauannya
- menaruh benda-benda di mulutnya
- berusaha memperluas lapangan pandangan
- tertawa dan menjerit karena gembira
bila diajak bermain
- mulai berusaha mencari benda- benda yang hilang
3. Dari 6 sampai 9 bulan
-
dapat duduk tanpa dibantu
-
dapat tengkurap dan berbalik
sendiri
-
dapat
merangkak meraih benda atau mendekati seseorang
-
memindahkan
benda dari satu tangan ke tangan lain
-
memegang benda kecil dengan ibu
jari dan jari telunjuk
-
bergembira dengan melempar
benda-benda
-
mengeluarkan kata-kata yang
tanpa arti
- mengenal muka anggota-anggota keluarga dan takut kepada orang
asing/lain
- mulai berpartisipasi dalam permainan tepuk tangan dan
sembunyi-sembunyian
4. Dari 9 sampai 12 bulan
- dapat berdiri sendiri tanpa dibantu
- dapat berjalan dengan dituntun
- menirukan suara
- mengulang bunyi yang didengarnya
-
belajar
menyatakan satu atau dua kata
- mengerti perintah sederhana atau larangan
- memperlihatkan minat yang
besar dalam mengeksplorasi sekitarnya, ingin menyentuh apa saja dan memasukkan
benda-benda ke mulutnya
- berpartisipasi dalam permainan
5. Dari 12 sampai 18 bulan
- berjalan dan mengeksplorasi rumah serta sekeliling rumah
- menyusun 2 atau 3 kotak
- dapat mengatakan 5-10 kata
- memperlihatkan rasa cemburu dan rasa
bersaing
6. Dari 18 sampai 24 bulan
-
naik turun tangga
-
menyusun 6 kotak
-
menunjuk mata dan hidungnya
-
menyusun 2 kata
-
belajar makan sendiri
-
menggambar garis di kertas atau
di pasir
-
mulai belajar mengontrol buang
air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK)memperlihatkan minat dengan anak-anak
lain dan bermain-main dengan mereka
7. Dari 2 sampai 3 tahun
-
belajar meloncat, memanjat,
melompat dengan satu kaki
-
membuat jembatan dengan 3 kotak
-
mampu menyusun kalimat
-
mempergunakan
kata-kata saya, bertanya, mengerti kata-kata yang ditujukan kepadanya
-
menggambar lingkaran
-
bermain bersama dengan anak
lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya
8. Dari 3 sampai 4 tahun
-
berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga
-
berjalan pada jari kaki
-
belajar
berpakaian dan membuka pakaian sendiri
-
menggambar garis silang
-
menggambar
orang hanya kepala dan badan
-
mengenal 2 atau 3 warna
-
bicara dengan baik
-
menyebut namanya, jenis kelamin
dan umurnya
-
banyak bertanya
-
bertanya bagaimana anka
dilahirakan
-
mengenal
sisi atas, sisi bawah, sisi muka dan sisi belakang
-
mendengarkan cerita-cerita
-
bermain dengan anak lain
-
menunjukkan rasa sayang kepada
saudara-saudaranya
-
dapat melaksanakan tugas-tugas
sederhana
9. Dari 4 sampai 5 tahun
-
melompat dan menari
-
menggambar orang terdiri dari
kepala, lengan, badan
-
menggambar
segi empat dan segi tiga
-
pandai bicara
-
dapat menghitung jari-jarinya
-
dapat
menyebut hari-hari dalam seminggu
-
mendengar dan mengulang hal-hal
penting dan cerita
- minat kepada kata baru dan artinya
- memprotes bila dilarang apa yang
diinginkannya
- mengenal 4 warna
- memperkirakan bentuk dan besarnya benda, membedakan besar dan kecil
- menaruh minat kepada aktivitas orang
dewasa
No comments:
Post a Comment